Thursday, January 27, 2005

Halaman ini berwarna putih
Aku bisa menuliskannya dengan kata-kata cinta, amarah atau prasangka.
Hatimu juga putih.
Kita bisa menuliskannya dengan kata-kata cinta, duka atau nestapa.

Adakah halaman yang berwarna hitam?
Sulitkah kita menerima hitam juga adalah warna
Apakah hitam dan putih adalah suatu perbedaan
Karena Tuhan menciptakan hitam bukan untuk berbeda
Melainkan memberikan makna.
--------------------------------------------------------------------------

Rasis, adalah hal terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah dunia. Sejarah banyak ternoda karena perbuatan rasis yang dilakukan oleh manusia. Mulai dari ujung Afrika Selatan, hingga daratan Amerika. Apakah menjadi rasis adalah suatu kebanggaan?

Hari ini Persatuan Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan sebuah DVD tentang 20 Pemain terbaik Liga Inggris selama 40 tahun terakhir. Dari semua daftar pemain, tidak ditemukan satu pun seorang pemain nasional Inggris berkulit hitam. Tidak ada nama-nama besar seperti mantan Kapten Liverpool, John Barnes, striker maut Arsenal, Ian Wright dan bek bertahan Arsenal, Sol Campbel dan terakhir kiper luar biasa Gordon Banks.

Kenapa mereka dilupakan. Apakah karena mereka hitam, jadi mereka pantas disingkirkan untuk sebuah kebanggan yang dinamakan White Domination? Hal ini menjadi langkah yang ironis, mengingat sebelumnya Sepakbola adalah olahraga yang tidak mengenal perbedaan, justru merangkum dan melintasi semua perbedaan. Dengan jargon Lets Kick Out Racism From Football, kita sekali lagi mengatakan bahwa bola adalah milik dunia. Bukan si kaya, si miskin, si putih dan si hitam. Kita semua adalah pemain sepakbola. Dan dunia adalah lapangan kita.











No comments: