Tuesday, May 31, 2005

Menunggu Bayaran Lunas

Sekarang zamannya kredit. Mulai dari kartu kredit, rumah kredit, mobil kredit, motor kredit, beli buah, celana dalam hingga kondom juga bisa kredit. Kredit menjadi hal yang wajar, karena negara kita ini juga punya banyak hutangan yang masih dikredit.

Mau gak mau sebagai warga negara yang taat dan patuh, gue juga harus punya barang yang masih dikredit. Yaitu, motor Supra Fit, yang lama kelamaan tagihannya bikin dompet gue makin terjepit.

Bayangin aja, tiap bulan akhirnya, yang kepikiran di otak gue itu bagaimana caranya bayar motor, dan masih punya uang sisa untuk melewatkan satu bulan ini dengan selamat. Tanpa harus minta kredit lagi dari teman-teman yang rata-rata pelit. Alasannya, sama-sama gak punya duit.

Banyak orang yang bilang kalau kredit motor atau mobil itu sama saja dengan nabung. Bedanya, kalau di bank itu kita dapat uang lebih karena bunga. Nah, kalau ngredit, kita harus mengerogoh kantong lebih dalam buat bayarin tuh bunga yang bisa bikin perut jadi melilit.

Bayangin aja, selama dua tahun gue harus membayar cicilan motor. Padahal, jatah makan gue tiap bulan aja gak lebih mahal dibandingin tuh motor. Makanya, kadang kalau gue lagi kesel, gue kagak pernah gue cuci tuh motor. Biarin, biar diberakin emprit.

Seneng sih gue kalau motor gue diberakin burung. Soalnya, ada orang yang bilang, kalau motor diberakin ama burung itu tandanya ada rejeki yang mau datang. (Buktinya, tanya ama wartawan radio Trijaya aja tuh, si Jhoni Sitorus).

Yang pasti, kalau awal bulan gue makin kesel mikirin kreditan motor gue. Selain karena kudu bayar, gue juga musti datang ke kantor WOM, tempat gue bayar kredit. Makin lama gue makin kesel datang ke kantor itu. Soalnya, setiap gue mau bayar gue pasti ngelihat ada 4 macam poster yang isinya kebanggan punya motor kredit.
Salah satu contohnya, Naik-naik ke puncak bukit, paling asyik bareng teman. Walau motor bayarnya kredit. Paling seneng kalau lunas tagihan. Parah.. asli parah.

Jadi kesimpulannya, kalau mau beli motor kredit itu sama saja kayak naik bukit. Lama-kelamaan tagihannya bisa selangit.

1 comment:

indahjuli said...

lagian loe..kenapa beli motor kredit, beli donk rumah biar berasa..:))
jangan takut ama kreditan, Yu. Negara aja ngredit kok, liat aja bentar lagi manusianya juga dikredit.