Friday, July 15, 2016

Cinta Itu Tidak Mau Menunggu

Karena cinta sebagian orang bisa bercerita. Sebagian dari mereka ada yang mencoba melukiskannya. Ada juga yang mencoba menuangkannya dalam nada. Dari nada-nada tersebut terciptalah sebuah lagu. Ada yang menyenandungkannya seorang diri, ada juga yang mencoba menyanyikannya bersama-sama.

Setelah menonton film Sing Street, saya tiba-tiba saja  terkenang masa-masa saya di sebuah SMA di kawasan Jakarta Barat. Saat masa-masa sekolah menengah atas dulu, saya memiliki seorang teman yang sangat mirip dengan tokoh utama di film ini Cosmo.

Jika di Sing Street, Cosmo banyak menciptakan lagu untuk seorang gadis yang lebih dewasa dari dia, teman saya justru sebaliknya. Dia begitu mencintai seorang adik kelas perempuan yang ada di bawahnya.Seperti Cosmo, dia begitu mencintai gadis itu. Sampai sampai tiada waktu yang terlewat hanya membicarakan perempuan tersebut.

Sayang dia begitu malu untuk mengungkapkan rasa sukanya itu. Dia lebih banyak menatap dan kemudian menuangkan segala perasaannya lewat sebuah lagu. Saya sangat yakin rasa cintanya kepada perempuan itu sangat kuat. Itu terlihat dari jumlah lagu yang dia ciptakan.

Seperti Cosmo, setiap hari ada saja lagu-lagu baru yang dia tunjukkan kepada kami. Seolah-seolah setiap detik waktu yang dia jalani dia habiskan hanya untuk mengagumi perempuan tersebut.Sayang dia tidak mampu menyanyikannya sendiri. Dia mengajak kami untuk mencoba merapihkan lagu-lagu yang tercecer itu dengan kemasan yang lebih baik. Ya akhirnya kami membentuk sebuah grup musik.

Perlahan-lahan kami hanya memainkannya untuk mengisi waktu senggang. Lama kelamaan kami mencoba untuk merekamnya. Tanpa kami sadari kami melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak kami pikirkan. Mencoba menjadi grup musik yang benar. Memang selanjutnya kami tidak pernah mampu mewujudkan mimpi kami menjadi grup music yang besar. Toh setidaknya kami pernah merasakan, betapa kekuatan cinta ternyata mampu menggerakkan segala hal.

Cinta memang tidak mau menunggu hanya untuk dibayangkan dan dirasakan. Cinta sangat menanti untuk diungkapkan. Selanjutnya, cinta akan memberikan keajaiban ke semua hal yang dia sentuh. Tidak terkecuali masa depan.









No comments: